BAB 3 PEKERJAAN KANTOR
BAB 3
PEKERJAAN KANTOR
A.
Pengertian dan Fungsi Pekerjaan Kantor
Pekerjaan kantor adalah pekerjaan penunjang
tugas utama/pokok, yang berkaitan dengan pekerjaan di bidang tulis-menulis,
catat-mencatat yang berhubungan dengan pekerjaan kertas, maupun pelayanan. Tata
usaha adalah segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah,
menggandakan, mengirim, dan menyimpan keterangan yang diperlukan setiap
organisasi. Dalam garis besarnya, tata usaha mempunyai tiga peranan pokok,
yaitu:
1.
Melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan
operatif untuk mencapai tujuan organisasi
2.
Menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk
pimpinan organisasi itu untuk membuat keputusan atau tindakan yang tepat
3.
Membantu kelancaran organisasi secara keseluruhan
Berdasarkan pemahaman tersebur maka fungsi pekerjaan kantor antara lain:
1.
Memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan
pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan organisasi
2.
Menyediakan informasi/keterangan bagi pimpinan
organisasi untuk membuat keputusan
3.
Membantu kelancaran perkembangan organisasi
secara keseluruhan
B.
Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor
Menurut G.R.Terry, pekerjaan perkantora
meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan membuat warkat tulis dan
laporan sebagai cara meringkas banyak hal dengan cepat guna menyediakan suatu
landasan bagi tindakan kontrol dari pimpinan. Sedangkan menurut William Hendy
Leffing Well dan Edwin Robinson, pekerjaan kantor berkenaan pertama-tama dengan
warkat-warkat, pemakaian warkat, pembuktian warkat dan pemeliharaannya guna
dipakai untuk mencari keterangan di kemudian hari. Pekerjaan kantor meliputi
segenap kegiatan seperti:
1.
Menghimpun
Yaitu kegiatan mengumpulkan data-data yang ada, baik yang sudah tersaji
maupun yang terpinjam di unit lainnya guna mempersatukan menjadi suatu dokumen
yang terintegral dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain, mengingat
adanya hubungan antara satu data dengan data lainnya yang sejenis.
2.
Mencatat
3.
Mengolah
Yaitu tahap pemrosesan semua data yang masuk ke tahap berikutnya seperti
yang sudah distandarkan dan sesuai dengan kebutuhan untuk dijadikan bahan
pengambilan keputusan bagi atasan.
4.
Menggandakan
5.
Mengirim
6.
Menyimpan
7.
Melakukan Komunikasi
8.
Menghitung
9.
Pekerjaan Lainnya
Pekerjaan lainnya seperti pelayanan tamu, kurir, cleaning service, office
boy/girl, back office, security, dan sebagainya juga dibutuhkan dalam suatu
perusahaan/organisasi.
C.
Ciri-Ciri Pekerjaan Kantor
1.
Bersifat Pelayanan
2.
Merembes Segenap Bagian Organisasi
3.
Dilakukan oleh Semua Pihak
D.
Hasil Jasa atau Produk Pekerjaan Kantor
1.
Surat
Yaitu media komunikasi tertulis yang berisi buah pikiran atau informasi
yang disampaikan kepada pihak lain untuk mendapatkan tanggapan.
2.
Laporan
Yaitu suatu bentuk penyampaian informasi, data, atau berita baik secara
lisan maupun tertulis.
3.
Formulir
Yaitu lembaran kartu atau kertas dengan ukuran tertentu yang di dalamnya
terdapat data atau informasi yang besifat tetap, da nada beberapa bagian lain
yang akan di isi dengan informasi yang tidak tetap.
4.
Berbagai Macam Dokumen Tertulis
Selain surat, laporan, dan formulir, masih banyak macam dokumen tertulis
lainnya yang dihasilkan dalam pekerjaan kantor, misalnya jadwal, tabel, peta,
grafik, buku atau paper.
5.
Arsip
Comments
Post a Comment