Microsoft Office

Microsoft Word
A.      Pengertian Microsoft Word
Microsoft word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya. sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk aktifitasnya, seperti halnya siswa, guru, pekerja, pengusaha, dan hampir semuanya menggunakan office word untuk menunjang aktifitasnya. Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013.
B.      Cara Membuka
1.    Klik tombol start yang ada di taskbar;
2.    Pilih menu all programs;
3.    Pilih menu Microsoft office;
4.    Klik menu excel.
Atau
1.       Klik shortcut ms.word yang tampil di layar desktop.
C.      Fungsi
Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms.word memang dikhususkan untuk pengolahan kata. Ms.word berperan sebagai alat bantu user/pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya. Dengan semakin canggihnya tool microsoft word, fungsi dari ms word pun tidak hanya terbatas pada pengolahan kata. Tabel data word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomplit di ms.excel.

Microsoft Excel
A.      Pengertian Microsoft Excel
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu. Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel. Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita. Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel.
B.      Cara Membuka
1.    Klik tombol start yang ada di taskbar;
2.    Pilih menu all programs;
3.    Pilih menu Microsoft office;
4.    Klik menu excel.
Atau
1.       Klik shortcut ms.excel yang tampil di layar desktop.
C.      Fungsi
Fungsi utama dari Microsoft excel adalah membantu kita dalam mengolah angka jadi seperti pengertian di atas ms.word memang dikhususkan untuk pengolahan angka. Ms.excel berperan sebagai alat bantu user/pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan seperti membuat tabel/presentase keuangan/dll. Dengan semakin canggihnya tool Microsoft excel, fungsi dari ms excel pun tidak hanya terbatas pada pengolahan angka.

Microsoft PowerPoint
A.      Pengertian Microsoft PowerPoint
Microsoft Power Point adalah suatu software (program) yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya. Microsoft Power Point dapat terdiri dari teks, grafik, obyek gambar, clipart, movie, suara dan obyek yang dibuat dengan program lain.
B.      Cara Membuka
1.    Klik tombol start yang ada di taskbar;
2.    Pilih menu all programs;
3.    Pilih menu Microsoft office;
4.    Klik menu PowerPoint.
Atau
1.       Klik shortcut PowerPoint yang tampil di layar desktop.
C.      Fungsi
Fungsi utama dari Microsoft powerpoint adalah membantu kita dalam membuat presentasi. Ms.powerpoiny berperan sebagai alat bantu user/pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan seperti membuat presentasi denga tabel/tulisan/gambar/dll. Dengan semakin canggihnya tool Microsoft powerpoint, fungsi dari ms powerpoint pun tidak hanya terbatas pada pengolahan presentasi.

Microsoft Publisher
A.      Pengertian Microsoft Publisher
Microsoft publisher Adalah sebuah program aplikasi untuk sistem operasi Windows yang digunakan untuk Desktop publishing. Program ini merupakan buatan Microsoft Corporation, dan mulai pada versi Microsoft Office System 2003, telah diintegerasikan ke dalam paket tersebut. Kini, namanya menjadi Microsoft Office Publisher. Versi terbarunya adalah Microsoft Office Publisher 2007 yang terintegrasi dengan Microsoft Office Publisher 2007.
B.      Cara Membuka
1.    Klik tombol start yang ada di taskbar;
2.    Pilih menu all programs;
3.    Pilih menu Microsoft office;
4.    Klik menu PowerPoint.
Atau
1.       Klik shortcut Publisher yang tampil di layar desktop.
C.      Fungsi
Publisher 2007 merupakan salah satu Program Aplikasi Microsoft Office 2007 dimana fungsi utamanya ialah untuk membuat media-media publikasi dengan mudah seperti Poster, Brosur, Sertifikat, Katalog, Kalender, kartu Nama dan lain sebagainya. Untuk membuka aplikasi Publisher 2007 ini anda tinggal memilih Program di Start menu dan Publisher ada di kelompok Microsoft Office.

Microsoft Access
A.      Pengertian Microsoft Access
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
B.      Cara Membuka
1.       Klik tombol start yang ada di taskbar;
2.       Pilih menu all programs;
3.       Pilih menu Microsoft office;
4.       Klik menu Access.
Atau
1.       Klik shortcut Access yang tampil di layar desktop.
C.      Fungsi
1.       Untuk membuat program aplikasi persediaan barang
2.       Untuk membuat program aplikasi gaji pegawai
3.       Untuk membuat program aplikasi kehadiran

Microsoft Outlook
A.      Pengertian Microsoft Outlook
Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama. Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer. Tidak ada hubungan antara kedua program ini kecuali namanya. Outlook Express digantikan dengan Windows Mail dalam Windows Vista.
B.      Cara Membuka
1.       Klik tombol start yang ada di taskbar;
2.       Pilih menu all programs;
3.       Pilih menu Microsoft office;
4.       Klik menu Outlook.
Atau
1.       Klik shortcut Outlook yang tampil di layar desktop.
C.      Fungsi
Microsoft outlook 2003 mempunyai fungsi yang unik. Fungsi ini biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment surat-e. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara ini adalah Melissa dan Sobig.


Comments

Popular posts from this blog

BAB 4 STRUKTUR ORGANISASI DAN JABATAN BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN

Pengertian Ringkasan, Rangkuman, dan Kesimpulan

BAB 6 TATA RUANG KANTOR